Tips Sederhana Hindari Tersesat Saat Menggunakan GPS

Tips Menggunakan GPS

Sudah tidak asing lagi bahwa hadirnya GPS (Global Positioning System) menjadi andalan saat berkendara. Kegunaannya sangat membantu masyarakat dalam memberikan petunjuk arah jalan menuju suatu tempat baru dan belum pernah dikunjungi sama sekali.

Ya, kemudahan tersebut memang sangat membantu manusia. Sayangnya, ada saat yang tak terduga ketika GPS tiba-tiba membuat Anda tersesat.

Tips Agar Tidak Tersesat Ketika Menggunakan GPS

Kehadiran GPS perlahan mulai menggeser keberadaan peta dan atlas yang banyak menjadi incaran masyarakat, khususnya para traveller beberapa tahun sebelumnya.

Kini orang lebih banyak mengandalkan ponsel pintar yang memasang aplikasiGPS dan juga mudah dibawa kemanapun.

Fitur GPS dirancang untuk membantu manusia dalam melakukan hal seperti penunjuk jalan, pencarian orang, berbagi lokasi suatu tempat dengan teman, hingga bermain game yang membutuhkan pengaktifan fitur ini.

GPS nantinya akan menangkap sinyal satelit yang disinkronkan dengan tempat dan kondisi yang ada saat itu.

Meskipun aplikasi ini mudah, namun Anda perlu mengikuti tips berikut ini agar terhindar dari kata tersesat yang bisa saja datang menghampiri sewaktu menggunakannya.

  1. Update Aplikasi Navigasi GPS Secara Berkala

Bagi Anda yang sering mengandalkan GPS sebagai alat bantu penunjuk jalan, meng-update aplikasi tersebut secara berkala adalah hal yang wajib. Ini gunanya adalah untuk menghindari Anda dari penunjukan jalan yang salah.

Selain itu, ketika aplikasi navigasi GPS telah di-update, bisa saja ada jalan baru yang lebih cepat dan bisa dilalui. Bisa jadi pula ada jalan lama yang sudah ditutup dan tak dapat dilalui lagi karena hal tertentu.

  1. Periksa Pengaturan Aplikasi Navigasi GPS

Pengaturan atau setting pada aplikasi navigasi GPS akan mempengaruhi keakuratan yang petunjuk jalan. Atur settingan lokasi pada ponsel Anda dengan pilihan akurasi tertinggi (high accuracy). Dengan demikian, setiap jalan besar maupun kecil akan tertangkap dengan jelas oleh peta online yang dihadirkan oleh google ini.

Pada aplikasi, Anda dapat pula mengaktifkan fitur seperti traffic untuk memberitahukan jalan yang macet dan lain sebagainya. Mengaktifkan fitur seperti ini akan menambah keakuratan jalan yang akan dipilih.

Khusus untuk Anda yang berkendara sendirian dengan mobil pribadi, usahakan agar mengatur volume suara sebaik mungkin. Jangan terlalu pelan maupun keras agar Anda dapat tetap fokus dalam berkendara.

  1. Pastikan Rute yang Hendak Dituju

Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya untuk menentukan rute mana yang ingin dilewati. Aplikasi penujuk jalan akan menunjukkan pilihan rute dari mulai yang terjauh hingga terpintas sekalipun.

Jika pengaturan traffic diaktifkan, maka secara otomatis aplikasi GPS akan menunjukkan jalan mana yang macet dan harus dihindari. Anda pun dapat memilih jalan mana yang sebaiknya ditempuh.

  1. Gunakan Alat Bantu Tambahan Jika Diperlukan

Menggunakan alat bantu tambahan untuk memperkuat sinyal GPS memang bukan menjadi hal yang wajib dilakukan. Alat bantu ini biasanya dipergunakan jika kendaraan dan jalan yang dilewati dikhawatirkan akan menghalangi pencarian sinyal GPS.

Sinyal GPS akan mudah hilang ketika kendaraan Anda berada di bawah terowongan dan melewati pepohonan atau gedung-gedung tinggi pencakar langit.

Kaca film pun juga dapat menghalangi sinyal GPS yang dibutuhkan untuk menunjukkan jalan.

Jika Anda akan melakukan perjalanan jauh, alat bantu tambahan untuk sinyal GPS ini akan cukup menolong. Alat bantu ini pun dapat berupa antena tambahan yang dapat dipasang di salah satu sisi mobil.

Baca Juga : 6 Tips Menghemat Baterai untuk Ponsel Android

Dengan memanfaatkan aplikasi GPS memang sangat menguntungkan Anda. Terlebih lagi di tempat yang baru pertama kali Anda datangi. Namun, jangan sampai membuat terlena begitu saja dengan kecanggihan tersebut, karena sebuah aplikasi juga tak lepas dari kekurangan yang dimilikinya.

Jika telah menerapkan tips di atas, kecil kemungkinan untuk tersesat. Usahakan pula untuk selalu tetap waspada dan berhati-hati ketika berkendara.

Author: admin