Perjalanan Karier Jokowi Sebelum Jadi Presiden

Perjalanan Karier Jokowi

Menyimak cerita orang-orang besar sebelum dirinya menjadi seorang yang sukses selalu memberikan inspirasi, terutama bagi anak muda. Tidak semua orang mengetahui jalan yang telah dilalui orang-orang sukses ini, mereka sempat jatuh berkali kali sebelum akhirnya bangkit beribu kali.

Kali ini kita akan membahas sosok pria kelahiran Surakarta 21 Juni 1961, yang saat ini  menduduki posisi sebagai orang nomor satu di Indonesia, dia adalah Ir. H. Joko Widodo.

Jokowi adalah presiden ke 7 Republik Indonesia, bersama Jusuf Kalla ia menjadi pemimpin negeri sejak 2014 silam.

Sebelum menjadi seorang Presiden, Alumnus Universitas Gajah Mada Fakultas Kehutanan ini telah menjadi Gubernur DKI Jakarta bersama Basuki Tjahaja Purnama.

Berbagai karir politik telah dilaluinya sebelum menjadi seorang Presiden, Tidak hanya dikenal sebagai politikus, Jokowi juga memiliki bidang usaha lain.

Pernah Bekerja di Dalam Rimba

Setelah menyelesaikan kuliah pada tahun 2005, Jokowi melamar ke sebuah perusahaan kayu di Aceh. Saat itu ia ditugaskan untuk bekerja di dalam hutan rimba dan hidup disana.

Iriana, istri Jokowi yang dinikahinya beberapa bulan setelah dia bekerja juga merasakan hidup di dalam hutan selama 2.5 Tahun .

Setelah memiliki anak pertama, Jokowi memutuskan untuk kembali ke Solo dan bekerja di sebuah perusahaan furniture milik sang paman. Di  perusahaan tersebut Jokowi menjalani berbagai pekerjaan mulai dari bidang produksi hingga pemasaran.

Setelah memiliki banyak ilmu dari pekerjaannya di dunia furniture, Jokowi memberanikan diri untuk membangun usaha mebelnya yang diberi nama CV. Rakabumi.

Pada awal pendirian usaha ini Jokowi mengalami berbagai kegagalan seperti ditipu hingga barang yang sudah dikirimkan ke konsumen tidak dibayar.

Baca Juga : 6 Legenda Musik Folk Dunia yang Harus Kamu Tahu

Kegagalan ini tidak membuat Jokowi putus asa, setelah  mendapat pinjaman modal usaha Jokowi berhasil bangkit dan membuat usahanya semakin berkembang dan sukses. Jokowi juga dilantik sebagai ketua Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia di Solo.

Usaha mebel Jokowi semakin berkembang sampai perusahaan besar seperti PT Toba Sejahtera mengajak perusahaan Jokowi untuk bekerja sama. Jiwa bisnis yang dimiliki Jokowi diturunkan ke anak anaknya yang berhasil membuat berbagai kerajaan bisnis.

Perjalanan Karir Politik

Joko Widodo memulai karir politiknya dari tanah kelahirannya, Surakarta.

Pada tahun 2005 Jokowi menjadi walikota Solo setelah berhasil memenangkan pilkada bersama wakilnya Hadi Rudyatmo. Saat itu Jokowi diusung oleh PDIP dan PKB, dirinya memastikan kemenangan setelah berhasil meraih suara sebesar 36.25.

Berbagai perubahan dilakukan Jokowi di Solo seperti memperkenalkan bus batik solo trans serta peremajaan berbagai jalan besar.

Karena berbagai perubahan positif yang dilakukan Jokowi, dirinya berhasil memenangkan Pilkada kedua kalinya pada tahun 2010 dengan perolehan suara telak lebih dari 90%.

Sejak menjadi walikota, Jokowi semakin dikenal publik. Berbagai pujian datang sebagai bentuk apresiasi terhadap apa yang telah ia perbuat di Solo.

Sesuatu yang besar terjadi pada tahun 2012 dimana pada saat itu dua partai besar yakni Gerindra dan PDIP mengusungnya bersamaan dengan Ahok untuk menjadi cawagub DKI.

Banyak pihak yang mengira pasangan ini akan kalah, namun ternyata Jokowi Ahok berhasil merebut hati masyarakat DKI dalam dua kali putaran Pilkada.

Pada masa kepemimpinan Jokowi, terdapat berbagai program yang ditujukan bagi masyarakat menengah seperti Kartu Jakarta Sehat dan Kartu Jakarta Pintar.

Namun, beberapa program kerja Jokowi juga mengundang kontra dari beberapa pihak. Pro dan kontra yang datang justru membuat Jokowi makin dikenal dan membuatnya merajai berbagai survey kandidat capres di berbagai lembaga survei, sebelum akhirnya memenangkan pertarungan sesungguhnya.

Itulah cerita perjalanan karir dari orang nomor satu di Indonesia saat ini, bukan berasal dari keluarga kaya bukan berarti tidak mampu mewujudkan mimpi dan menjadi orang  penting yang memiliki pengaruh besar.

Author: admin