Fakta Menarik Susi Pujiastuti sang Menteri Kelautan RI

Pujiastuti sang Menteri Kelautan

Indonesia adalah negara maritim. Karenanya lewat Kementerian Kelautan dan Perikanan, pemerintah terus berupaya menegakkan kedigdayaan dan kewibawaan di laut Indonesia.

Adalah seorang Susi Pudjiastuti sang Menteri Kelautan dan Perikanan yang menjabat sejak 27 Oktober 2014 silam, yang hingga hari ini masih memegang tampuk sebagai Menteri di Kementerian tersebut.

Srikandi tangguh yang lahir di Panggandaran, Jawa Barat, pada 15 Januari 1965 ini dikenal dengan berbagai kiprah dalam menjaga sektor Kelautan dan Perikanan dibawah Kementerian yang dipimpinnya.

“Tenggelamkan!”, demikian kutipan paling legendaris Susi Pudjiastuti yang kerap dikumandangkan untuk menunjukkan bahwa tak akan ada ampun pagi para pencoleng hasil laut Indonesia selama ia masih menjabat.

Berikut ini adalah fakta-fakta seputar Susi Pudjiastuti sang punggawa Kementerian Kelautan dan Perikanan yang tak pernah henti untuk terus menjaga laut Indonesia dengan segala kekayaan yang ada di dalamnya.

Pernah Putus Sekolah, Inilah Fakta Menarik Susi Pujiastuti

Susi Pudjiastuti lahir dari pasangan Haji Ahmad Karlan dan Hajjah Suwuh Lasminah. Meski lahir di Jawa Barat, nama yang sangat identik sebagai orang Jawa membuktikan bahwa kedua orang tua Susi berasal dari Jawa Tengah.

Keluarga Susi Pudjiastuti menggantungkan hidup pada usaha keluarga yang berbasis pada jual beli hasi peternakan dalam jumlah besar dari Jawa Tengah ke Jawa Barat.

Lahir dari latar belakang keluarga pebisnis memberikan seorang Susi Pudjiastuti semangat wirausaha yang keras.

Semangat berwirausaha sudah turun menurun dari orangtua, bahkan Kakek Buyutnya yang dikenal dengan nama Haji Ireng juga dikenal sebagai seorang tuan tanah dengan kepemilikan tanah luas di daerahnya.

Meski demikian, karir seorang Susi Pudjiastuti bukan jalan yang mulus. Ia tak serta merta meraih segala kesuksesan seperti sekarang ini dengan bergantung dari kemampuan keluarga.

Berikut adalah fakta seorang Dr (HC) Susi Pudjiastuti yang penuh dengan lika-liku hingga membentuknya menjadi seorang Menteri Kelautan dan Perikanan seperti kita kenal sekarang.

    1. Putus Sekolah Akibat Golput

Menteri Susi adalah satu-satunya menteri dalam kabinet pemerintahan presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla yang pada saat dilantik hanya mengantongi ijazah SMP.

Ia tidak tamat bukan karena sesuatu yang sifatnya gangguan ekonomi ataupun akademik, melainkan konstelasi politik kala itu mengharuskan seorang Susi Pudjiastuti berhenti belajar dari sekolahnya sebagai akibat dari keaktifannya di gerakan Golput.

    2. Memulai Usaha Bermodal Uang 750 Ribu

Sebelum menjadi Menteri di Kementerian Kelautan dan Perikanan. Susi Pudjiastuti adalah pemimpin perusahaan yang Ia bangun dengan tangannya sendiri.

Tercatat nama PT ASI Pudjiastuti Aviation yang adalah perusahaan penerbangan dari Jawa Barat dan beroperasi dengan 50 an pesawat berbagai tipe.

Selain itu, ada nama PT ASI Pudjiastuti Marine Product yang merupakan perusahaan eksportir produk perikanan dan ia sendiri menjabat sebagai Presiden Direktur kala itu. Namun tahukah bahwa setiap usaha tersebut dimulai dengan hanya Rp 750.000 saja.

Baca Juga : Kekerasan Seksual yang Pernah Terjadi di berbagai Kampus Indonesia

Uang tersebut didapat dari hasil menjual perhiasaan yang dimilikinya sendiri selepas dinyatakan Drop Out dari sekolahnya di SMA Negeri 1 Yogyakarta.

Dengan kegigihan Susi membangun setiap perusahaan yang kini besar dengan mengawali sebagai seorang tengkulak ikan di Panggandaran pada seputaran tahun 1983.

    3. Tamat Paket C Pada 2018

Tak ada istilah gentar dalam kamus seorang Susi Pudjiastuti. Ini dibuktikan dengan meski telah menjadi Menteri Ia sempat mengambil Paket C atau setara SMA di PKBM Bina Pandu Mandiri, yang berlokasi di Kabupaten Ciamis.

Beliau tercatat lulus ujian susulan Paket C di PKBM tempat ia mendaftar pada Mei 2018 silam.

    4. Mantap Bertutur Dalam Bahasa Inggris

Seorang Susi Pudjiastuti dikenal cakap Berbahasa Inggris. Ia sering tampak menyelipkan kata-kata dalam bahasa Inggris bahkan menggunakan bahasa Inggris secara sempurna saat bertutur dengan awak media atau mengikuti pertemuan di Istana.

Itulah tadi beberapa fakta terkait Menteri Perikanan kita. Dialah sang Srikandi lautan Indonesia yang kini bertanggung jawab penuh atas setiap kebijakan kinerja dalam Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Tak hanya tegas pada para pencoleng hasil laut Indonesia. Seorang Menteri Susi juga keras pada dirinya untuk terus tak berhenti belajar apapun kondisi terjadi dalam hidup.

Author: admin