7 Fakta Menarik Ir. Soekarno, Presiden Pertama Indonesia

Fakta Menarik Ir. Soekarno

Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno merupakan panutan banyak orang. Sejak dahulu hingga sekarang nama Soekarno selalu dikenang bahkan bagi beberapa orang menjadi panutan. Perjalanan kariernya sebagai pemimpin bangsa atau orang nomor satu di RI ternyata tidak semulus kelihatannya.

Seperti yang tertera pada buku sejarah atau bukti sejarah sebelum kemerdekaan, Ir. Soekarno harus melewati banyak hal sebelum akhirnya terpilih menjadi Presiden pertama RI.

Dan tidak ternyata ada fakta lain yang sangat menarik mengenai Ir. Soekarno yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Inilah Fakta Unik dan Menarik Mengenai Ir. Soekarno

Bicara tentang Ir. Soekarno memang tidak ada habisnya, selalu ada banyak bahasan menarik yang bisa diperbincangkan. Dan berikut ini fakta-fakta menarik seputar Ir.Soekarno:

    1. Menguasai Tujuh Bahasa Asing

Ir.Soekarno bukan hanya pintar dalam menyampaikan orasi tapi juga menguasai banyak bahasa asing. Bila dihitung, total bahasa asing yang berhasil dikuasainya ada 7 bahasa. Masing-masing bahasa tersebut adalah bahasa Belanda, Cina, Jerman, Perancis, Arab, Latin dan Cina.

Berkat kemampuannya tersebut, Ir. Soekarno memperoleh banyak gelar, tidak tanggung-tanggung yang diterimanya sebanyak 26 gelar Dokter HC. Tidak heran jika Ir. Soekarno menjadi pedoman dan panutan banyak orang termasuk tokoh politik di masa kini.

    2. Nama yang Benar Sukarno

Tidak banyak yang mengetahui jika nama lahir Soekarno bukanlah Soekarno tapi Koesno Sosrodiardjo. Tapi karena masa kecilnya seringkali sakit-sakitan, nama tersebut diubah menjadi Soekarna.

Tapi bila menggunakan ejaan dalam bahasa Jawa kata “a” akan berubah jadi “o” sehingga banyak orang yang lebih akrab dengan nama Soekarno.

    3.  Pernah Mengajar Di SMP

Setiap orang memiliki jalan karier yang berbeda-beda, tidak terkecuali dengan Ir. Soekarno. Sebelum menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, dahulu Ir.Soekarno bekerja sebagai guru di SMP.

Perjalanan kariernya untuk menjadi seorang guru SMP pun tidaklah mudah. Setelah lulus dari ITB, Soekarno tidak langsung memperoleh pekerjaan bahkan harus menganggur hingga mengalami kesulitan ekonomi di Bandung.

Lihat Juga : Flashback: Mengenang Peristiwa G30s PKI

Melihat hidupnya yang sulit, Douwes Dekker yang pada saat itu mendirikan SMPN 1 Bandung mengajak Soekarno untuk bekerja sebagai pengajar di sekolahnya.

    4. Insinyur Tapi Tidak Pandai Mengolah Angka

Meskipun belajar untuk menjadi seorang insinyur, pada kenyataannya Ir. Soekarno tidak mahir dalam pelajaran matematika. Daripada mempelajari ilmu pasti, Ir.Soekarno lebih suka mempelajari tentang politik dan arsitektur. Ilmu pasti merupakan salah satu kelemahan yang diakui oleh Ir.Soekarno.

    5. Sosialis Bukanlah Komunis

Mungkin banyak orang yang mempertanyakan tentang ideology atau faham yang dianut oleh Ir. Soekarno. Mengapa demikian? karena Ir. Soekarno merangkul semua orang dengan baik meskipun memiliki ideology yang berbeda.

Namun dalam bukunya, Ir. Soekarno mengungkapkan jika dirinya merupakan sosialis sejati bukan seorang komunis.

    6. Memilih Mengenakan Peci Untuk Menutupi Kebotakan

Style yang tidak pernah bisa kita lupakan saat melihat Ir. Soekarno adalah baju putih dan peci hitam. Tapi tahukah kamu jika peci yang kerapkali dikenakannya berfungsi untuk menutupi kebotakan?

Fakta ini sudah ditulisnya dalam bukunya. Pada awalnya beliau mengenakan peci sebagai lambang kebangsaan tapi lama-kelamaan ketika usianya bertambah, peci tersebut digunakan untuk mempertahankan kepercayaan dirinya.

    7. Tidak Percaya Dengan yang Namanya Takhayul

Dalam otobiografinya, Ir. Soekarno menceritanya banyak hal termasuk fakta menarik tentang dirinya yang tidak mempercayai takhayul. Hal ini terjadi karena pengalamannya, dahulu beliau pernah diberi cincin batu yang isinya adalah cairan hitam. Namun setelah menerima cincin tersebut, Ir. Soekarno mengalami kejadian tidak menyenangkan.

Beliau ditangkap lalu diasingkan ke Pulau Bunga, sejak itu kepercayaannya akan hal-hal yang berbau takhayul mulai dihilangkan.

Author: admin