6 Tips Menghemat Baterai untuk Ponsel Android

6 Tips Menghemat Baterai untuk Ponsel Android

Penggunaan ponsel, terutama android, sudah menjadi barang yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Tak hanya untuk berkomunikasi tetapi juga berguna dalam mendukung beberapa aktivitas harianmu.

Dibalik kemudahan android, satu hal yang sangat menjadikanmu kesal adalah pada saat notifikasi penanda baterai lemah. Hal ini pun akan membuat kocar kacir untuk mencari charger atau power bank di sekitar.

Beruntung jika kamu menemukannya. Apalagi jika sedang di luar rumah. Jika tidak, satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah menunggu sampai bertemu dengan pengisi baterai.

Cara Menghemat Baterai Ponsel Android

Sudah menjadi hal wajib bagi kamu yang telah terbiasa membawa power bank maupun charger ponsel ketika pergi ke mana saja. Sebagai manusia biasa, terkadang kamu dihadapkan dengan kondisi terburu-buru dan lupa membawa pengisi daya tersebut.

Ditambah lagi, saat itu kamu juga harus berada di luar rumah seharian dan tak memungkinkan untuk pulang sejenak mengambil pengisi daya itu.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Jangan panik dan cobalah lakukan tips berikut untuk menghemat baterai ponsel androidmu agar bertahan hingga kamu tiba di rumah.

  1. Non-Aktifkan Fitur Jaringan

Setiap android memiliki fitur jaringan seperti paket data, wi-fi, GPS, bluetooth hingga NFC yang digunakan untuk mengisi e-money atau uang elektronik. Fitur-fitur seperti ini membutuhkan sinyal dalam penggunaannya.

Tanpa disadari, mengaktifkan fitur tersebut tanpa menggunakannya ternyata dapat membuat baterai ponsel androidmu cepat habis. Ponsel akan bekerja secara ekstra untuk mencari sinyal dan menghubungkannya ke beberapa aplikasi yang aktif digunakan.

  1. Mengatur Tingkat Kecerahan Cahaya

Tingkat kecerahan atau brightness dapat diatur sedemikian rupa sesuai dengan kenyamanan dalam penggunaannya. Cahaya yang sangat cerah akan lebih cepat menyerap daya baterai ponsel.

Untuk mengatasinya, kamu dapat mengurangi seminimal mungkin tingkat kecerahan ini, khususnya berada di dalam ruangan.

Akan tetapi, bukan berarti kamu tidak boleh menerangi tingkat cahaya tersebut jika memang benar membutuhkannya, terutama pada kondisi lingkungan yang penuh cahaya atau luar ruangan.

  1. Hindari Kegiatan Multi-tasking

Kegiatan multi-tasking memang tidak merepotkanmu dalam membuka aplikasi yang belum selesai digunakan. Kamu akan dengan mudah melanjutkan aplikasi tersebut tanpa harus mengulanginya dari awal.

Meskipun memudahkan penggunaan, namun aplikasi yang dibiarkan terlalu lama berjalan akan mengurangi persentase baterai ponsel android.

Untuk mengatasinya, segera hentikan aplikasi tersebut jika sudah tak lagi digunakan. Jangan sampai terus menerus terbuka dan aktif berjalan.

  1. Mengaktifkan Mode Hemat Daya

Ponsel android yang banyak digunakan saat ini rata-rata sudah memiliki fitu mode penghemat daya.

Fitur ini biasanya secara otomatis akan menurunkan tingkat kecerahan dan mematikan aplikasi yang masih aktif sehingga tak perlu repot dalam melakukannya secara manual.

  1. Gunakan Wallpaper Berwarna Gelap

Percaya atau tidak, warna yang digunakan pada wallpaper berpengaruh pada baterai ponselmu. Terlebih lagi pada android yang sudah dilengkapi layar AMOLED atau (Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode).

Dengan layar seperti ini, semakin sedikitnya warna yang digunakan, maka ponsel akan cenderung lebih menghemat baterai ponsel kamu.

  1. Matikan Fitur Getar

Fitur getar (vibrate) biasanya diaktifkan ketika berada di sebuah ruangan yang mewajibkan ringtone atau suara panggilan telepon dan pesan teks harus mati. Hal ini ternyata tak hanya bersinggungan dengan ringtone saja.

Getaran ponsel juga dapat aktif pada saat mengetik teks atau pada aplikasi games dan lainnya. Maka, matikanlah jenis getaran seperti ini agar baterai ponsel kamu jadi lebih hemat.

Itu dia cara yang dapat kamu lakukan demi menghemat baterai android. Jadi, mulai sekarang, cobalah terapkan tips di atas. Selain dapat menghemat baterai, juga dapat menjaga ketahanannya agar tetap awet selama beberapa tahun pemakaian.

Author: admin