6 Legenda Musik Folk Dunia yang Harus Kamu Tahu

Legenda Musik Folk

Genre musik folk kini mungkin tidak sepopuler musik pop atau hiphop, namun genre musik ini sendiri masih jauh dari kata mati. Bagi para penikmatnya, musik folk masih tetap menjadi genre yang menyajikan keunikan yang tidak dapat ditemui di genre lainnya.

Musik folk sendiri memiliki sejarah panjang yang juga berperan dalam membuat hati para penggemar tetap setia. Hal ini bisa jadi karena pada awalnya musik folk memang dikenal sebagai musik “curahan hati” masyarakat awam.

Pada awal perkembangannya musik folk memang banyak berisikan keluh kesah hingga protes masyarakat kepada kaum burjois dan penguasa. Hal ini membuat musik folk seolah menjadi bagian penting dalam masyarakat itu sendiri.

Hingga kini karya-karya musik folk memang masih banyak diperdengarkan. Irama yang unik dan lirik yang membumi menjadikan banyak musisi menjadi musisi folk legendaris. Musik-musik yang mereka hasilkan terbukti tidak mati dimakan usia justru masih sangat relevan untuk dinikmati hingga saat ini.

 

Deretan Legenda Musik Folk Dunia

Jika kamu adalah penikmat musik folk ataupun memiliki ketertarikan pada genre musik yang satu ini, tidak ada salahnya kamu mengetahui beberapa musisi yang sudah menjadi legenda dalam dunia musik folk.

Berikut kami sajikan 6 legenda yang wajib diketahui fans musik folk dunia.

  1. Victor Jara

Musisi berkebangsaan Chili ini dikenal karena perannya dalam dalam mendirikan gerakan musik nueva canción. Melalui musiknya Victor banyak membela kaum tertindas, serta membawa nilai-nilai anti-kapitalisme dan anti-imperialisme.

 

Sayangnya pergerakannya di dunia politik yang terbilang keras menjadikannya harus meregam nyawa. Meskipun demikian karya-karya besarnya tetap menjadi inspirasi, baik untuk musisi folk  lainnya ataupun pada masyarakat Chili.

 

Karyanya seperti  Te Recuerdo Amandadan dan Plegaria a un Labrador memberikan dampak yang luar biasa. Tidak hanya untuk dunia musik, tetapi juga untuk semangat revolusi kebangsaan di seluruh dunia.

 

  1. Peter, Paul and Mary

Musisi selanjutnya adalah grup musik folk asal Amerika Serikat. Trio ini banyak menyentuh topik-topik politik dan perdamaian dalam setiap lagu-lagu mereka.

 

Hingga kini lagu populer mereka seperti Where Have All The Flowers Gone masih menjadi lagu yang menginspirasi banyak orang.

 

  1. Bob Dylan

Musisi yang satu ini merupakan musisi folk yang paling terkenal hingga kini. Ia dianggap berperan sangat besar dalam perkembangan musik folk dunia. Penampilan yang fenomenal dan identik dengan tema “protes” menjadikannya musisi yang sangat populer kala itu.

 

Selama karirinya ia bahkan berhasil menyabet 10 penghargaan Grammy dan berbagai penghargaan lain. Lagu-lagu paling terkenalnya seperti Don’t Think Twice It’s Alright dan Like A Rolling Stone masih sering diputar higga kini.

 

  1. Joan Baez

Jika telah menyebutkan Bob Dylan, tentu saja tidak akan lengkap bila tak menyebut Joan Baez. Ia dan Bob Dylan dikenal sebagai dua tokoh penting dalam bangkitnya musik folk Amerika pada tahun 1960-an.

 

Melalui lagu-lagunya ia berusaha membantu menyuarakan is hati orang-orang yang tertindas. Beberapa lagu yang sangatlegendaris meliputi Donna Donna dan Diamund and Rust masih sangat sering dibawakan di radio maupun televisi hingga saat ini.

 

  1. Odetta

Musisi yang satu ini juga dikenal karena keaktifannya dalam dunia aktivis. Baik melalui musik maupun gerakan-gerakan kemasyarakatan yang ia lakukan Odetta selalu berusaha mengangkat topik-topik terkait hak-hak sipil.

 

Martin Luther King Jr sendiri menjuluki Odetta sebagai ratu musik folk untuk Amerika Serikat. Hal ini tentu saja tidak berlebihan mengingat lagu-lagu legendarisnya, seperti Water Boy  dan There’s A Hole In The Bucket, telah memberi pengaruh besar pada pergerakan masyarakat Amerika.

 

  1. Phil Ochs

Musisi asal Amerika ini aktif bermusik pada sekitar tahun 1960-an. Tidak hanya menyampaiakan aspirasi melalui musik, Ia juga aktif dalam berbagai gerakan kemasyarakatan Amerika Serikat pada zaman itu.

 

Ia banyak membawa isu-isu kemasyarakatan dan perdamaian dalam lagunya. Salah satunya terlihat jelas dalam lagunya yang berjudul I Ain’t Marching Anymore.

 

Demikian 6 legenda musik folk yang wajib diketahui pencinta musik folk dunia. Diantara keenam musisi tersebut, mana yang paling Anda sukai??

Author: admin