5 Genjatan Senjata Paling Mengerikan didunia

Senjata Paling Mengerikan didunia

Genjatan senjata merupakan perjanjian formal maupun informal antara pihak yang sedang berpeang atau berseteru untuk sepakat menghentikan sementara waktu tindakan tindakan agresif yang dilancarkan masing masing pihak.

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi terjadinya gencatan senjata ini. Namun, genjatan senjata tak sepenuhnya membuat kondisi menjadi aman serta kondusif.

Masyarakat masih merasakan ketakutan yang mencekam, bahkan ada beberapa pihak yang menolak untuk melakukan gencatan senjata.

Genjatan senjata paling mengerikan didunia

Dunia tidak selamanya damai meskipun hal ini merupakan keinginan semua manusia. Banyak terjadi kesalahpahaman maupun ketidakcocokan antara berbagai piihak ataupun negara yang akhirnya memutuskan untuk melakukan perang.

Berikut ialah 5 perang paling mengerikan didunia

  1. Perang Dunia II

Ketika ditanya perang apa yang paling mengerikan didunia, kebanyakan orang akan menawab Perang Dunia II. Perang Dunia II merupakan perang yang teradi antara negara penganut paham ultranasionalisme dan negara komunis (Uni Soviet). Perang yang merupakan kelanjutan Perang Dunia I ini berlangsung dari tahun 1939 hingga 1945.

Akibat perang ini, banyak nyawa yang dikorbankan. Setidaknya 60 hingga 70 juta jiwa tercatat meninggal akibat perang ini dan sekitar 20% diantaranya ialah anggota militer. Tidak hanya memakan korban jiwa, dampak dari perang ini sungguh luar biasa.

Perubahan perubahan besar terjadi didunia, banyak negara negara yang merdeka karena penjajah mereka merupakan pihak yang kalah di Perang Dunia II ini. Salah satunya Indonesia yang berhasil memanfaatkan momentum ketika Jepang kalah dalam perang ini.

  1. Perang Napoleon

Perang ini merupakan perang yang terjadi di Prancis yang berlangsung selama 12 tahun dari taun 1803. Sebelum terjadi Perang Dunia II, banyak pihak yang menyebutkan bahwa perang ini merupakan perang paling mematikan.

Setidaknya dalam perang ini 7 juta nyawa prajurit dan warga sipil di wilayah Eropa,Atlantik,Pasifik dan Samudera Hindia harus menghilang.

Hal yang memicu terjadinya perang ini ialah pernyataan yang dilakukan oleh koalisi negara negara Eropa yang prihatin dan tidak suka atas jatuhnya Raja Louis XVI. Negara negara ini juga khawatir kekuasaan Napoleon yang sudah berhasil menundukkan kekuasaan negara Spanyol, Prussia dan Italia serta kawasan disekitarnya.

  1. Ekspansi Mongol

Jauh sebelum abad 19  ternyata perang besar sudah terjadi di kerajaan Mongolia. Pada tahun 1300 an kekaisaran mongol sudah berhasil menguasai wilayah Rusia, Asia Timur, Asia Tengah dan seluruh daratan Eurasia.

Baca Juga : Cerita Tentang Soeharto Setelah Lengser yang Tidak diketahui Banyak Orang

Namun, penaklukan wilayah wilayah ini dilakukan dengan cara yang tidak manusiawi. Mereka telah membunuh sebanyak 18,4 juta jiwa untuk wilayah Asia Timur. Namun, angka ini tidak dapat dipastikan karena sejarawan belum memiliki info yang valid.

  1. Perang Saudara China

Ternyata perang tidak hanya dilakukan antara dua negara atau lebih yang berebut kekuasaan. Perang dapat terjadi antar wilayah di satu negara yang menyebabkan konflik berkepanangan. Salah satu perang saudara paling mematikan sepanjang sejarah ialah perah antara Partai Komunis China an Pasukan Republic of China.

Perang in berlangsung selama lebih dari 20 tahun yang menyebabkan pembentukan negara RRC di daratan dan Republik China di Taiwan. Selama perang tidak hanya korban yang berjatuhan, warga sipil harus merasakan kelaparan dan mereka mengalami berbagai penyakit yang perlahan lahan merenggut nyawa mereka.

Hadirnya Jepang membuat konflik antar saudara ini semakin panas, namun akhirnya pasukan partai komunis dan Republic of China bersatu untuk melawan Jepang.

  1. Peperangan Dinasti Ming

Perang yang mematikan selanjutnya terjadi di kawasan Beijing, China. Perang ini terjadi pada tahun 1644 karena perebutan kekuasaan dan pemberontakan yang terjadi pada masa kekuasaan Dinasti Ming. Suku Mancu yang merupakan penduduk asli Beijing menentang Li Zicheng dari Dinasti Ming untuk menggulingkan pemerintahannya.

Akhirnya penduduk Manchu berhasil menggulingkan kekuasaan Dinasti Ming dan membentu Dinasti Qing. Namun, dalam petarungan ini setidaknya 25 juta jiwa harus menjadi korban akibat pertempuran yang terjadi.

Beberapa gencatan senjata tidak dilakukan dalam berbagai perang. Mereka memilih untuk bertahan habis habisan bahkan harus merelakan jutaan nyawa demi merebut kekuasaan. Semoga dunia menjadi lebih damai lagi dan tidak akan pernah ada peristiwa mematikan lagi, sudah cukup sejarah kelam terjadi ratusan tahun yang lalu.

Author: admin